24 Juni 2010

Ulasan Indonesia Bersatu Jilid 1

saya baru baru ini tugaskan oleh dosen mata kuliah Kepemimpinan dalam program studi pendidikan ekonomi. saya di tugaskan untuk mengulas tentang gaya kepemimpinan Indonesia Bersatu Jilid 1, dari hal ini saya banyak mengetahui tentang tata cara kepemimpinan bangsa indonesia,. yang notabene saya kurang begitu menyimak tentang info politik yang ada di negara kita. karna buat saya, politik biarlah untuk mereka yang ahlinya, asal bisa makan, tidur nyenyak, dan mengenyam pendidikan itu sudah cukup bagi kami masyarakat menengah kebawah. berikut ulsaan saya, menyangkut tugas yang di berikan, tentang pro dan kontra masyarakat indonesia tentang kepemimpinan Indonesia bersatu jilid 1.

INDONESIA BERSATU JILID 1

MASA JABATAN 2004 – 2009

BAB I

PENDAHULUAN

Seorang pemimpin mempunyai gaya kepemimpinannya masing-masing. Begitu pula seorang presiden dan wakil presiden, tentu mempunyai gaya kepemimpinan tersendiri dalam penyelenggaraan negara dan memimpin pemerintahannya. Gaya kepemimpinan itu melekat pada diri seseorang yang dibentuk dari proses panjang berdasarkan lingkungan tempat ia lahir dan dibesarkan, latar belakang keluarga, pendidikan, lingkungan teman, lingkungan kerja, nilai-nilai yang diemban, serta pengaruh-pengaruh lainnya.

Pada masa kepemimpinan SBY dan JK menegaskan banyak pro dan kontra di dalamnya, ini terlihat oleh banyak nya aksi demonstran yang menginginkan gaya kepemimpinan sby lebih baik lagi. Apalagi dengan terpilihnya sby boediono atau kita sebut sby jilid 2.

Adapun yang Pro dan Kontra atau kekurangan SBY – JK tentang kepemimpinan mereka terhadap bangsa indonesia adalah :

BAB II

PEMBAHASAN

  1. PRO TERHADAP SBY – JK

Profil seorang SBY – JK saat menjabat menjadi presiden jilid 1 adalah seorang sosok yang penuh karismatik, yang memberikan banyak perubahan di Indonesia pasca reformasi. Terlihat tentang banyak pengaruh besar untuk kemajuan Bangsa Indonesia.

Pro Kepemimpinan SBY – JK (1)

  1. Melihat kepemimpinan SBY JK maka saya melihat pemberantasan korupsi lebih serius dilakukan dan menurut pendapat saya jika suatu bangsa dijangkiti penyakit korupsi maka bangsa tersebut tidak akan bisa maju baik secara ekonomi dan budayanya jadi saya memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan SBY-JK dan semoga bangsa ini akan segera merdeka, yaitu merdeka dari cengkraman para koruptor yang mengerogoti bangsa ini perlahan tapi pasti.

  2. SBY-JK masih jauh lebih baik dari pemimpin sebelumnya, daripada pemimpin yang menjual aset2 negara. namun karena terlalu complicatednya masalah di negara kita maka tidak semua masalah bisa terselesaikan. Hal ini karena pendeknya usia kepemimpinan dinegara kita. kalau dihitung 1 tahun untuk promosi, 3 tahun untuk memimpin, 1 tahun promosi kembali untuk pilpres. Maka itu semua sangat singkat.

  3. Pemberantasan korupsi oleh KPK cukup baik : Menurut saya sosok SBY sudah cukup mampu menangani kondisi bangsa Indonesia saat ini. Pada masa kepemimpinan beliau ini korupsi diberantas tanpa pandang bulu. Hal itu dapat dilihat dari tersangka yang tertangkap oleh KPK yang salah satunya adalah besan dari SBY. Meskipun demikian SBY juga bukan tanpa kekurangan, harga-harga sembako yang semakin meroket adalah salah satu kegagalan beliau. Namun terlepas dari itu semua , fakta bahwa SBY termasuk 100 orang paling berpengaruh didunia tahun 2009 versi majalah TIME makin menguatkan pandangan bahwa beliau cukup sukses menangani semua masalah yang timbul selama dia menjabat lima tahun terakhir. Kita juga tidak bisa begitu saja mengecap SBY "gagal". Karena semasa SBY menjabat, banyak gangguan-gangguan yang datang. Mulai dari Tsunami Aceh, Gempa Jogja, Lumpur Lapindo, dsb. Dan jangan lupakan juga bahwa pada akhir tahun 2008, Dunia mengalami krisis finansial global. Namun pertumbuhan ekonomi Indonesia dibawah kepemimpinan SBY adalah salah satu negara yang menunjukkanh tren positif selain Cina dan India. Jadi terlepas dari harga-harga sembako yang meroket, bisa dikatakan SBY BERHASIL dalam lima tahun terakhir.

  4. SBY - JK bisa menciptakan iklim pemerintahan yang baik,. Yang biasa di sebut good-government. tata kelola pemerintahan yang sedikit demi sedikit di benahi oleh SBY – JK.

Kesimpulannya :

Kelebihan Untuk Pro SBY – JK (1) adalah :

  1. Pertumbuhan ekonomi makro positif

  2. Demokrasi dan stabilitas polkam positif

  3. Konflik NAD dan Poso bisa diselesaikan

  4. Dibandingkan dengan kepemimpinan terdahulunya sesudah tumbang masa orba, kepemimpinan sby cukup bagus.

  5. Banyak perubahan yang sudah dibuat sby jilid 1, seperti perubahan harga BBM yang bikin rakyat miskin makin sengsara.

  6. Pemberantasan korupsi makin ok;

  7. Demokrasi semakin jelas;

  8. Siap untuk tidak populer;

  9. Pertumbuhan ekonomi not bad.

B. KONTRA TERHADAP SBY – JK (1)

Pada masa jabatan Presiden SBY – JK (1) terdapat banyak kecaman tentang gaya kepemimpinan mereka. Salah satu aksi kontra dengan SBY - JK adalah rektor universitas paramadina, Anies Baswedan mengatakan :

dalam sumber nya : LINK

Kontra Kepemimpinan SBY – JK (1)

  1. Menurut Rektor Universitas Paramadina Anies Baswedan mengatakan gaya kepepimpinan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono yang cenderung memelas sangat tidak menguntungkan. Karena memicu kegoncangan yang menyebabkan ketidakpastian politik dan demokrasi.

  2. Menurut rektor Univ. paramida ini SBY seolah-olah merasa menjadi satu-satunya Presiden yang menghadapi krisis. Padahal bukan hanya SBY yang menghadapi, hampir semua presiden seperti itu. Tapi dihadapi jangan dengan tampil memelas, apalagi sby dalam posisi superior, yang jika memelas, rakyat akan bertanya, kok seperti ini pemimpinnya.

  3. SBY dalam menghadapi sebuah krisis, dibutuhkan perubahan gaya kepemimpinan. Jika terus seperti itu, maka gaya SBY itu tidak akan menguntungkan dan menyelesaikan persoalan.

  4. Dalam kasus dua pimpinan KPK Bibit Samad Rianto dan Chandra M Hamzah merupakan contoh konkrit bahwa Presiden tidak menunjukkan sikap tegas saat bersikap terhadap hasil akhir rekomendasi yang diberikan tim.

  5. Demikian pula untuk kasus Bank Century. Seharusnya, yang terjadi adalah politik mengikuti hukum, tapi kenyataannya justru hukum yang mengikuti politics ( legal follows politics ).

Kontra lainnya :

  1. Sudah Kita ketahui melalui berbagai media masa yang menayangkan tentang Kebijakan ekonomi SBY-JK selama empat tahun dinilai justru menambah indeks kesengsaraan rakyat. Dan ini menjadikan Rapor merah untuk SBY-JK.

  • Indeks Kemiskinan pada awal Kepimpinan SBY JK tahun 2004 berkisar 16,5 %

  • Sedangkan Indeks Kemiskinan pada tahun 2008 berkisar 20,3 %

  1. Selain soal indeks kemiskinan, bahwa kebijakan kebijakan ekonomi yang dihasilkan tim ekonomi SBY-JK. belum pro rakyat kecil. Ini dilihat oleh LNG yang di jual murah ke negara asing, tetapi rakyat di paksa membeli BBM dengan harga mahal dan LPG yang notabene yang sebagiannya di ekspor.

  2. Kinerja kepemerintahan yang baik adalah yang mampu memberikan lapangan pekerjaan bagi masyarakat sehingga nihilnya pengangguran serta terpenuhinya kebutuhan mendasar bagi masyarakat ekonomi lemah, bukan dengan BLT yang terasa hanya nikmat kecil yang sesaat. BLT tidaklah memberikan solusi atas semua itu, namun malah memperparah keekonomian negara dan membudayakan sifat malas dikalangan masyarakat.

Kesimpulannya :

Kekurangan Kepemimpinan sby jilid 1

  1. Pertumbuhan ekonomi "mikro"(rakyat kecil)

  1. Terlihat dengan jumlah utang dalam negeri dari tahun 2001 – 2009 yang meningkat. Dengan masa bakti sby – jk 2004-2009.

    Berikut jumlah total utang Indonesia (2001-2009)

  • 2001 : Rp 1263 triliun

  • 2002 : Rp 1249 triliun

  • 2003 : Rp 1240 triliun

  • 2004 : Rp 1275 triliun

  • 2005 : Rp 1268 triliun

  • 2006 : Rp 1310 triliun

  • 2007 : Rp 1387 triliun

  • 2008 : Rp 1623 triliun

  • 2009 : Rp 1667 triliun (Januari)

  1. Meski pemberantasan KPK dinilai cukup baik namun Presiden blom mendorong/mendukung lebih jauh krn blom bisa menyentuh korupsi di cendana,kepolisian,lingkungan istana.

  1. Dalam Kepemimpinan SBY – JK, justru JK lebih dominan dalam menyelesaikan setiap permasalahn ekonomi.

  1. SBY dinilai menjadi sosok yang peragu dalam mengambil keputusan.

  1. Harga harga sembako semakin naik.

  1. Para Menteri pada masa SBY jilid 1 banyak yang ( Mbalelo ) menghujat, atau protes.

  1. Program konversi minyak ke gas nggak jelas karena minyak langka di pasar dan mahal sedangkan gasnya juga ikut langka dan mahal juga.

BAB III

KESIMPULAN

Kenyataanya dari pro dan kontra tersebut, faktanya adalah Bahwa SBY adalah pemimpin yang dipilih langsung oleh rakyat dan dalam era beliau banyak sudah perubahan yang sudah dibuat mulai dari pemberantasan korupsi, dll. bahkan beliau juga memilih opsi yang tidak populer seperti menaikkan harga bbm meski kita tahu hal tsb karena kenaikan minyak dunia namun sayang beliau tidak/kurang didukung oleh parlemen sehingga sepertinya berjalan ditempat. Tidak/kurang adanya pembangunan di daerah. Mungkin saatnya kita memilih pemimpin dan wakil rakyat yang benar sehingga dapat memperbaiki bangsa yang kita cintai ini.

Pada intinya setiap kepemimpinan itu pasti ada kekurangan dan kelebihannya, seperti hal nya pada masa pemerintahan SBY – JK ( Jilid 1 ) pasti ada kekurangan dan kelebihannya, Jika kita melihat kegagalan - kegagalan setiap pemimpin negeri ini, niscaya kita semua akan kecewa terhadap mereka semua. jika pemimpin negeri ini tidak pernah gagal maka indonesia saat ini sudah menjadi negara yang lebih maju. Jika saya melihat kepemimpinan pa SBY JK maka saya melihat pemberantasan korupsi lebih serius dilakukan dan menurut pendapat saya jika suatu bangsa dijangkiti penyakit korupsi maka bangsa tersebut tidak akan bisa maju baik secara ekonomi dan budayanya jadi saya memberikan apresiasi terhadap kepemimpinan SBY-JK dan semoga bangsa ini akan segera merdeka, yaitu merdeka dari cengkraman para koruptor yang mengerogoti bangsa ini perlahan tapi pasti.

Tidak ada komentar: