08 Maret 2011

Selamat Hari Perempuan Internasional

Aku suka banget tanggal ini, hari ini, pokoknya suka banget.

Tahu gak ini hari apa??

Selasa”

-_-” “

Iya bener ini hari selasa, tapi tahu gak ini hari dalam rangka apaan?

emangnya dalam rangka apa?”

..........hmmmm”

ini tuh hari perayaan Perempuan Perempuan Interneasional loh...yang jatuh di tanggal 8 Maret.

Pengen ada yang tahu kenapa di tanggal 8 Maret ini di jadikan hari Perempuan Internasional??

Sejarahnya adalah, saat abad 20 di tengah – tengah gelombang industrialisasi dan ekspansi ekonomi yang menyebabkan timbulnya protes – protes mengenai kondisi kerja. Kaum perempuan dari pabrik pakaian dan tekstil mengadakan protes pada 8 Maret 1857 di New York City. Para buruh garmen memprotes apa yang mereka rasakan sebagai kondisi kerja yang sangat buruk dan tingkat gaji yang rendah. Para pengunjuk rasa diserang dan dibubarkan oleh polisi. Kaum perempuan ini membentuk serikat buruh mereka pada bulan yang sama dua tahun kemudian.

weleh weleh bahasanya udah pake bahasa ekonomi poltik aja yah, ada ekspansi nya segala”

.........hahaha.. iyah itu kan sejarahnya dari sumber yang terpercaya. Tentang sejarah terbentuknya hari Perempuan Internasional...”

nah, oleh karena itu lah pada tanggal 8 Maret setiap tahun. Ini adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Di antara peristiwa-peristiwa historis yang terkait lainnya, perayaan ini memperingati kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada 1911 yang mengakibatkan 140 orang perempuan kehilangan nyawanya.

OMG, hebatnya kaum perempuan dahulu kala, meskipun sering banyak yang bilang, kaum perempuan itu adalah makhluk lemah, yang mudah di jajah. Tapi kenyataanya tidak berkata demikian, nyatanya mereka (perempuan) siap mati demi memperoleh hak hak mereka.

salut dah sama perempuan”

dan di barat, hari Perempuan Internasional, dirayakan pada tahun sekitar tahun 1910-an dan 1920-an, tetapi kemudian menghilang. Perayaan ini dihidupkan kembali dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Pada tahun 1975, PBB mulai mensponsori Hari Perempuan Internasional.

Selain hari Ibu yang di rayakan 22 Desember, ternyata kita perlu tahu loh, khususnya para kuam laki laki juga, bahwa di tanggal 8 maret ini ada hari besar kami para perempuan – perempuan Internasional.

So...karna saya perempuan.....jadi ..........saya ucapkan :

Selamat merayakan Hari Perempuan Internasional

Tidak ada komentar: