25 Juni 2011

Survey Lokasi KKN Ds. Pesurungan Lor Kec. Margadana Kota Tegal

Gambar : Kelurahan Pesurungan Lor

Alhamdulilah untuk survey Lokasi KKN ke dua kalinya, sebelum masa penerjunan calon KKN di desa Pesurungan Lor Kec. Margadana Kota Tegal berjalan lancar, bisa bertemu dengan Bapak Lurah berbincang bincang dan membuka forum dengan perangkat desa dan ketua karang taruna serta perwakilan warga Pesurungan lor.

Di dalam forum kemaren, kami mahasiswa KKN mengutarakan beberapa Program yang menjadi wacana kami, sesuai dengan 4 pilar kehidupan dalam masyarakat, yaitu Pendidikan, Ekonomi, Kesehatan dan wirausaha.

Dan dari beberapa program yang telah kami musyawarahkan tersebut sepertinya yang akan menjadi program unggulan di desa pesurungan lor adalah tentang Bank sampah serta pengelolaan sampah dari pemisahan sampah organik dan an organik. Hingga pendaur ulangan sampah menjadi beberapa karya yang memiliki nilai ekonomi.

Sebelumnya, pengetahuan tentang bank sampah serta pendaur ulangan sampah dari pemisahan sampah organik dan an organik sudah dibekali sebelumnya, pada saat Pembekalan KKN chapter 1 dan Pembekalan KKN chapter 2.

Bersyukur sekali, saya dan teman teman lainya dengan jamuan dan ketersedian Bapak lurah Peslor untuk sudi dan menyempatkan waktu berbincang dengan kami semua yang terdiri dari 17 mahasiswa KKN UPS Tegal.

Pada dasarnya desa Pesurungan Lor tergolong desa yang sudah maju dan lumayan banyak memiliki aspek masyarakat yang sudah berkembang di dalamnya. Seperti :

  1. Infrastruktur Pelayanan Masyarakat

  1. Puskesmas Pembantu (Pustu) Kel. Pesurungan Lor

  2. Kantor Badan Kredit Desa (BKD) Pesurungan Lor

  3. Kantor Koperasi Serba Usaha "Purwadiwangsa" Pesurungan Lor

  4. Kantor Badan Keswadayaan Masyarakat "Berkah Perdana" Pesurungan Lor

  5. Sumur Artetis dan Bak Penampung Air Bersih KTTI Gumbeng Pesurungan Lor

  6. Gedung Sanimas MCK Plus "Sami Rekso" RW 2 Kel. Pesurungan Lor

  7. Gedung Sanimas MCK Plus "Mandiri" RW 1 Kel. Pesurungan Lor

  1. Fasilitas Pendidikan

  1. Pembangunan Gedung Pos PAUD Insan Cendikia Pesurungan Lor

  2. Taman Kanak-kanak Islam Terpadu Baitul Iman Pesurungan Lor

  3. SD Negeri 01 Pesurungan Lor

  4. SD Negeri 02 Pesurungan Lor

  5. Madrasah Aliyah Negeri Kota Tegal

  6. Pembangunan Kampus Politeknik Harapan Bersama Kota Tegal

  7. Kampus STMIK - AMIK YMI.

Dengan begitu banyak berkembangnya aspek masyarakat yang terdapat di desa Pesurungan Lor tidak menyurutkan niat teman teman mahasiswa lainnya untuk tetap belajar tentang nilai nilai kehidupan yang terdapat pada desa Pesurungan Lor.

Dengan tema KKN POS DAYA MDG'S Insya Allah bersama - sama untuk memberdayakan dan mengembangkan aspek aspek yang sudah ada di dalam desa Peserungan Lor agar menjadi lebih maju dan lebih berkembang lagi. Entah dari tingkat ekonomi, kesehatan, pendidikan maupun wirausaha.

Dan Insya Allah, seperti yang bapak lurah aturkan, bahwasannya pada tanggal 12 – 15 Juni 2011 akan di lakukan pemilihan ketua RW setempat, dan bapak lurah mengajak kami mahasiswa KKN untuk menghadiri pemilihan RW yang jarang sekali di lakukan. Dengan misi bahwasannya kita dapat lebih mengenal warga pesurungan Lor lebih baik lagi, membina kerukunan dengan sebaik – baiknya.

Saya berharap sekali, dengan dilakukannya survey dan bertemu bapak lurah serta perangkat desa, dan beberapa warga pesurungan lor beserta organisasi karang taruna, di harapkan dapat menjadi pembelajaran dan ajang silaturahmi menambah kerukunan antar sesama warga kota tegal. Amin amin..

NB : Daftar Program Rencana KKN

Tidak ada komentar: