05 Oktober 2011

Mahasiswa KKN Melakukan Kegiatan Posyandu bersama Ibu Ibu PKK RW 3 Kel Pesurungan Lor Kec. Margadana Kota Tegal

5 Oktober 2011, pukul 08.00 – selesai mahasiswa KKN melakukan kegiatan yang termasuk dalam program kegiatan kesehatan, yaitu berupa Posyandu yang bertempat di Pos Paud Insan Cendekia Kel Pesurungan Lor Kec. Margadana Kota Tegal.

Pos Pelayanan Keluarga Berencana - Kesehatan Terpadu (Posyandu) adalah kegiatan kesehatan dasar yang diselenggarakan dari, oleh dan untuk masyarakat yang dibantu oleh petugas kesehatan. Jadi, Posyandu merupakan kegiatan swadaya dari masyarakat di bidang kesehatan dengan penanggung jawab kepala desa.

Posyandu dimulai terutama untuk melayani balita (imunisasi, timbang berat badan) dan orang lanjut usia (Posyandu Lansia), dan lahir melalui suatu Surat Keputusan Bersama antara Menteri Dalam Negeri RI (Mendagri), Menteri Kesehatan (Menkes) RI, Kepala Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) dan Ketua Tim Penggerak (TP) Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) dan dicanangkan pada sekitar tahun 1986.

Dengan di motori olih Ibu PKK selaku kader desa dan Pimpinan Paud Ibu Tien, mahasiswa pun di beri arahan tentang posyandu ini.

Dengan cara mengukur berat badan anak anak dari usia 0 – 1 tahun, kami pun melakukan penimbangan kepada anak anak, yang kemudian setelah melakukan penimbangan berat badan anak anak di berikan snack berupa susu kedelai, agar agar, serta kue kecil anak anak pun merasa senang, sehingga peserta dalam Posyandu ini cukup banyak, dengan jumlah penimbang -/+ 50 anak anak balita.

Posyandu yang kami kerjakan ini adalah posyandu yang berjalan di RW 3, untuk RW 1 dan RW 2 rencananya akan di laksanakan 2 minggu kedepan setelah acara Bersih lingkungan dari program kegiatan kami yang di bantu oleh ketua karang taruna dan masyarakat sekitar.

Tidak ada komentar: