23 Juli 2010

Salam Keakraban Untuk UNDIKSHA BALI dari UPS TEGAL

Sebelumnya, Di sini adalah proses pertukaran ilmu pengetahuan dan keakraban pertemanan antar Universitas yang sudah berkembang, dan universitas yang akan mulai mengepakan sayap karirnya, menuju PTN ternama di kota tegal, dan menambah daftar PTN yang ada di indonesia.

Begini, dari hasil KKL saya 2 bulan yang lalu, kami ( rombongan fakultas ) khususnya Program Studi Pendidikan Ekonomi ( Prodi PE ), berkunjung pada Universitas UNDIKSHA khususnya untuk Prodi PE UNDIKSHA yang ada di pulau bali.

Senang nya, bisa ketemu teman baru, suasana kampus baru, pengetahuan yang baru, ya pokoknya baru baru lah. ( eits bukan pacar baru ya ) :D.

Sejarah undiksa yang di dapatkan dari proses pertemuaan kami ( rombongan ) dari Universitas Pancasakti Tegal, tidak jauh berbeda, berawal dari sebuah P.T. Kecil, yang kini semakin besar dan berubah menjadi P.T.N ternama di pulau bali khususnya di daerah Singaraja Bali.

Mulanya, UNDIKSHA Singaraja adalah lembaga pendidikan yang telah dikenal dengan nama IKIP Negeri Singaraja yang dulunya adalah lembaga pendidikan berupa kursus B1 Bahasa Indonesia (1955).

Dua tahun kemudian, dibuka kursus B1 Perniagaan. Dan lima tahun kemudian, keduanya dilebur menjadi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) yang berada dibawah naungan Universitas Airlangga Surabaya.

Ketika Universitas Udayana berdiri, FKIP ini dilepaskan dari Universitas Airlangga, menjadi salah satu fakultas di Universitas Udayana, Denpasar.

Belakangan FKIP tersebut dialihkan menjadi IKIP Malang dan diberi nama IKIP Malang cabang Singaraja.

Adapun Visi / Misi dari Undiksa adalah :

Sebuah Lembaga Pendidikan Tinggi berkualitas yang dikembangkan berdasarkan Pancasila dan Undang Undang dasar 1945, yang menjunjung nilai-nilai kemanusiaan, menghasilkan Tenaga Kependidikan dan Tenaga Non-Kependidikan yang bertaqwa kepada tuhan Yang Maha Esa, memiliki kemampuan akademis-profesional yang tinggi, mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni sehingga mampu menghadapi masa depan serta memenuhi kebutuhan masyarakat.

MISI : Menyelenggarakan tridarma perguruan tinggi secara efektif dan efisien, di tingkat S0 Kependidikan dan Non-Kependidikan, S1 dan Pasca Sarjana secara berkualitas, bermoral Pancasila, agar hasilnya memiliki daya saing tinggi dan diterima masyarakat global.

Secara rinci misi tersebut dijabarkan sebagai berikut:

  1. Menghasilkan sumber daya manusia suberdaya manusia berkemampuan akademik dan profesioanal yang memenuhi keperluan pembangunan bangsa dan negara, baik dilihat dari segi kuantits, kualitas, maupun jenis dan moralitasnya.

  2. Mewadahi pengkajian, pemahaman, penerapan, dan pengembangan sains dan teknologi, baik oleh warga masyarakat yang dilatih dan dididik di lingkungan kampus maupun oleh kalangan industri dan praktisi di luar kampus.

  3. Mewadahi pengkajian, pemahaman, penerapan, dan pengembangan ilmu pendidikan ilmu-ilmu soaial dan humaniora bagi warga masyarakat yang dididik dan dilatih li lingkungan kampus di samping untuk memajukan budaya dan meningkatkan kualitas hidup manusia.

  4. MMengembangkan sebuah subkultur dengan cirri inovatif, efektif, dan efisien, baik secara internal maupun eksternal.

  5. Menyelenggarakan pendidikan dan pelatihan pra dan dalam jabatan bagi warga masyarakat yang memerlukan pada berbagai bidang keahlian dan keterampilan yang diperlukan, baik oleh pasar kerja maupun pembangunan bangsa dan negara.

  6. Menghasilkan dan mempublikasikan berbagai temuan dan inovasi di bidang sains dan teknologi kependidikan dan non kependidikan yang berguna bagi pembangunan bangsa dan negara.

  7. Menciptakan dan mengembangkan kerjasama yang saling menguntungkan dengan berbagai perguruan tinggi, dunia usaha dan industri, baik di dalam maupun d iluar negeri, di samping dengan instansi pemerintah terkait

Di PTN UNDIKSHA, beragam Fakultas dan Prodi yang ditawarkan, salah satunya sesuai program studi yang saya ambil di Universitas Pancasakti adalah Pendidikan Ekonomi, banyak tukar pikir kami ( teman – teman UPS ) dengan teman teman UNDIKSHA tentang program studi yang kami ambil. Dari keuntungan dan manfaat yang luar biasa. Dari program studi Pendidikan Ekonomi

Salah satu organisasi yang kini melekat pada program studi Pendidikan Ekonomi Universitas UNDIKSHA adalah HMJ. ( Himpunan Mahasiswa Jurusan ), sama pada Universitas Pancasakti Tegal, organisasi yang saat ini saya ikuti yaitu HMPS ( Himpunan Mahasiswa Pancasakti Tegal ) dimana saya sebagai sekertaris utama di dalamnya. Hanya beda nama, namun visi dan misi kami sama, mengembangkan Program studi Pendidikan Ekonomi dan memajukan Program Studi in semakin di minati.

Untuk UNDIKSHA kegiatan untuk HMJ PE ( Himpunan Mahasiswa Pendidikan Ekonomi ) tidak jauh berbeda dengan HMPS PE ( Himpunan Mahasiswa Pancasakti Pendidikan Ekonomi ), selain acara bakti Sosial untuk masyarakat yang kurang mampu di sekitarnya, mereka ( HMJ PE UNDIKSHA ) juga menggunakan kesenian yang melimpah di pulau bali, khususnya tari tarian yang ternama di pulau bali.

Sangat mengesankan sekali, tukar pikiran kami, mahasiswa – mahasiswa UPS dan Mahasiswa – Mahasiswa Undiksa, banyak hal yang saya temui, pertemanan, keakraban, senyum senyum bahagia, dan yang terpenting, ilmu pengetahuan yang baru, yang kami ( teman – teman ) UPS dapatkan dari UNDIKSHA.

Semoga proses tukar pikiran atau kunjungan mahasiswa ke PTN ternama di indonesia tidak hanya berhenti di sini, karna ini sangat membantu pola pikir mahasiswa untuk lebih maju kedepan, mencontoh mereka - mereka yang terlebih dahulu sukses.

Salam Keakraban UPS - UNDIKSA

Link Terkait :

UPS Tegal ( Klik )

UNDIKSHA Bali ( Klik )

2 komentar:

Itik Bali mengatakan...

Hmm...abis dari Bali ya?
kok gak mampir sih?

ary_dudulz mengatakan...

iya itik... soryy... cz aku gak tau kamu balinya di mana.. aku di sana 5 hari.. waktu bulan mei akhir.. wahh bali emang indah banget.. banyak objek wisatanya.. alhamdllh aku hampir tak jelajahi semua.. pengen kesana lagi cuman perjalananya yang sangat meletihkan.. fufhh..