24 Desember 2010

Jadi teringat Bapak

Disaat aku tua, bukan lagi diriku yg dulu

Maklumilah diriku, bersabarlah dalam menghadapiku

Disaat aku menumpahkan kuah sayuran dibajuku,

Disaat aku tidak lagi mengingat cara mengikat tali sepatu

Ingatlah saat-saat bagaimana aku mengajarimu, membimbingmu utk melakukannya

Disaat saya dgn pikunnya mengulang terus menerus ucapan yg membosankanmu

Bersabarlah mendengarkanku,

jangan memotong ucapanku, Dimasa kecilmu, aku harus mengulang dan mengulang terus sebuah cerita yg telah saya ceritakan ribuan kali hingga dirimu terbuai dlm mimpi

Disaat saya membutuhkanmu untuk memandikanku,

Janganlah menyalahkanku.

Ingatkah dimasa kecilmu, bagaimana aku dgn berbagai cara membujukmu untuk mandi.

Disaat saya kebingungan menghadapi hal-hal baru dan teknologi modern,

Janganlah menertawaiku.

Renungkanlah bagaimana aku dgn sabarnya menjawab setiap "mengapa" yg engkau ajukan disaat itu.

Disaat kedua kakiku terlalu lemah utk berjalan,

Ulurkanlah tanganmu yg muda dan kuat utk memapahku,

Bagaikan dimasa kecilmu aku menuntunmu melangkahkan kaki utk belajar berjalan.

Disaat aku melupakan topik pembicaraan kita,

Berilah sedikit waktu padaku utk mengingatnya, sebenarnya topik pembicaraan bukanlah hal yg penting bagiku,

Asalkan engkau berada disisiku utk mendengarkanku, aku telah bahagia.

Disaat engkau melihat diriku menua, janganlah bersedih,

Maklumilah diriku, dukunglah aku, bagaikan aku terhadapmu, disaat engkau mulai belajar tentang kehidupan.

23 tahun aku hidup bersama bapak, hingga akhirnya bapak telah tiada, hanya doa yang ku panjatkan untuk beliau dan tak mampu aku hapuskan semua kenangan tentang bapak, apa saja yang bapak lakukan terhadap kehidupanku. Hal – hal apa saja yang diberikan bapak kepadaku, Hingga masa tua nya yang mulai penuh dengan kelemahan dalam dirinya. Ya allah... aku teringat semuanya. Aku mengingat bagaimana bapak mulai lemah dengan fisiknya, mulai menurun daya ingatnya, mulai berkurang dengan kemampuan yang dimiliki...

Ingin menangis sekali... Bapak... rasanya ingin memimpikan mu, bertemu dengan mu, memelukmu meski hanya sebatas mimpi. :(

Tidak ada komentar: