06 Mei 2011

Jeruk Nipis Untuk Perawatan Rambut Kepala

Sumber Gambar : Klik

Sebagai seorang wanita, dan sebagai mahkota terindah wanita, rambut harus selalu di jaga keindahannya dan kebersihannya serta kesehatannya dari faktor luar yang mampu merusak keindahan mahkota wanita tersebut. Dari mulai debu, kotoran, sengat matahari, yang mampu merusak tatanan rambut kita.

Akhir – akhir ini, setelah saya meyakinkan diri, untuk mengenakan jilbab seutuhnya, alhamdulilah saya bisa terus menjaga perawatan dalam diri saya, salah satunya rambut saya yang setiap harinya harus tertutup rapat oleh jilbab, terhindar dari debu dan asap jalanan, serta pastinya tertutup dari sengat panas sinar matahari yang konon bisa merusak keindahan rambut saya.

Rambut yang sehat adalah rambut yang tidak mengalami kerontokan yang parah, berketombe, bercabang, serta mengalami berubahan warna dari hitam ke putih yang sering kita sebut uban. Apa lagi kalau umur kita tergolong masih relatif muda, namun sudah mengalami hal yang namanya masalah rambut tersebut.

Konon, masalah rambut di sebabkan oleh beberapa faktor, dari pola makan kita sehari hari, kurangnya nutrisi, banyaknya permasalahn yang dihadapi, hingga pemakaian zat kimia seperti pewarna rambut, atau bahkan penggunaan shampo yang sering berganti ganti sehingga memicu permasalah rambut tersebut terjadi.

Semenjak saya belum berjilbab pun masalah rambut itu sudah terjadi pada rambut saya, dari mulai berketombe, kerontokan yang parah hingga warna rambut saya yang dulu hitam kini berubah menjadi kemerahan. Alhasil sedihlah saya. Mungkin kesalahan saya yaang sering bergonta ganti merek shampo yang tidak mengindahkan zat kimia apa saya yang terkandung dalam shampo yang saya kenakan untuk merawat rambut saya. So akibatnya ya begini lah mengalami masalah rambut. Tapi itu dulu saat saya belum mengenakan penutup kepala / jilbab seutuhnya.

Tapi mengingat sekarang saya berjilbab, dan konon perawatan wanita yang berjilbab harus lebih intens, alias kudu sering di lakukan, mengingat rambut kita selalu tertutup dari cahaya luar yang bisa membuat rambut menjadi lembab. Semenjak itu pula saya selalu berhati – hati untuk menjaga perawatan rambut saya, nutrisi atau penggunaan shampo yang mampu di pakai ke dalam perawatan rambut saya, agar tidak mengalami lagi yang namanya masalah rambut.

Nah karena saya menginginkan rambut saya tetap terjaga dengan sehat, bersih, harum dan hitam mengkilap, tidak mengalami permasalahan rambut kembali, dengan niatan itu pula saya mencari banyak informasi yang mudah di lakukan serta mendapatkan banyak manfaat dari Internet, berbagai macam sumber dan informasi saya peroleh dari internet tentang perawatan tradisional yang bisa dilakukan sendiri di rumah, dan menghasilkan rambut yang saya inginkan. Salah satunya adalah dengan menggunakan Jeruk Nipis.

Jeruk nipis memiliki 26 manfaat ( sumber : Klik), yang kaya akan kandungan zatnya. Dalam 100 jeruk nipis mengandung :

  • Vitamin C 27 Mg

  • Kalsium 40 Mg

  • Fosfor 22 Mg

  • Hidrat Arang 12,4 Mg

  • Vitamin B1 0,04 Mg

  • Zat Besi 0,6 Mg

  • Lemak 0,1 Gr

  • Kalori 37 Gr

  • Protein 0,8 Gr

  • Air 86 Gr.

Sumber : ( Klik )

Jeruk nipis yang kaya manfaat dan kandungan zatnya inilah bisa mengindarkan rambut saya dari masalah kerusakan rambut. Dan saya pilih untuk perawatan di rumah. Alhamdulilah loh, masalah rambut yang saya alami sekarang mulai berangsur berkurang, yang sebelumya mengalami masalah rambut rontok, berketombe dan perubahan warna menjadi merah, kini sudah teratasi dengan baik berkat jeruk nipis yang saya campurkan dengan minyak kelapa asli buatan sendiri. Dan kini mahkota saya yang sudah mulai tertutup dengan jilbab bisa terjaga kesehatannya dan kebersihannya serta tidak lagi mengalami ketombe.

Cara penggunaan jeruk nipis untuk merawat rambut kita sangat mudah sekali.

Cukup dengan 1 buah jeruk nipis dalam sekali perawatan. Di belah menjadi 4 bagian. Ambil sari airnya. Lalu campurkan dengan 2 sendok makan minyak kelapa, lalu usapkan pada kulit kepala kita. Diamkan selama 15 – 20 menit. Kemudian bilas dengan air dan shampo hingga bersih. Perawatan ini bisa dilakukan 2 – 3 kali dalam 1 minggu. Insya Allah masalah rambut itu bisa mulai berkurang.

Sampai saat ini pun perawatan ini masih saya gunakan, mengingat saya berjilbab yang konon orang berjilbab lebih banyak membutuhkan perawatan ekstra dari pada yang belum mengenakan jilbab. Semoga masalah rambut yang kita hadapi bisa teratasi, dan mahkota rambut kita bisa terus terjaga kesehatannya dan perawatannya.

Semoga bisa bermanfaat bagi wanita wanita yang menginginkan rambutnya terus terjaga kesehatannya terhindar dari masalah rambut yang dapat mengurangi Percaya Diri sebagai wanita. Selamat melakukan perawatan guy's.. :D

Tidak ada komentar: