16 Juni 2011

Melihat gerhana rembulan :D

Sumber Gambar : Klik

Alhamdulilah, semalam tepat 03.00 dini hari saya bisa bangun malam dan menyaksikan langsung salah satu dari sekian kebesaran dan keajaiban dari Allah SWT, ya... salah satunya adalah gerhana bulan yang dini hari tadi saya saksisan dengan kasat mata, Subhanallah... Indahnya bukan maen... sungguh Allah menciptakan langit dan bumi dengan segala keajaiban duniaNya.

Al Quran : (39) Az Zumar : Ayat 5

Dia menciptakan langit dan bumi dengan (tujuan) yang benar; Dia menutupkan malam atas siang dan menutupkan siang atas malam dan menundukkan matahari dan bulan, masing-masing berjalan menurut waktu yang ditentukan. Ingatlah Dialah Yang Maha Perkasa lagi Maha Pengampun.(QS. 39:5)

Sebenarnya, saya juga sudah wanti wanti dan menghidupkan alarm handphone dari pukul 01.00 dini hari. Tapi berhubung tempat HP yang jauh dari kamar tidur, so mungkin nada alarm nya tidak sampai ke telingaku, alhasil gagal lah saya bangun di pukul 01.00 dini hari. Hikz hikz...

nahhh.... tepat di pukul 03.00 seperti kebiasaaan saya bangun malam, tepat di sepertiga malam, untuk makan sahur dan berniat menunaikan puasa sunah senin kamis, saya langsung teringat tentang hal yang saya wanti – wanti dari pukul 01.00 dini hari. yaitu menyaksisan gerhana bulan secara langsung.

Tanpa pikir panjang, sambil menghangatkan menu makan sahur, saya langsungkan melangkahkan kaki ke depan teras rumah, dan memandangi sang rembulan yang sudah tertutup penuh sempurna, gelap lah langit. Subhanallah.. Sungguh indah... indahhhhh sekali... sampai saya tak sadar.. di balik bahagianya saya bisa menyaksisan gerhana rembulan saya sampai menitikan air mata, seperti malu kepada Allah... bahwa keagungan Nya sungguh luar biasa.

Al Quran : (41) Fushshilat : Ayat 37
Dan di antara tanda-tanda kekuasaan-Nya ialah malam, siang, matahari dan bulan. Janganlah sembah matahari maupun bulan, tapi sembahlah Allah Yang menciptakannya, Jika Ialah yang kamu hendak sembah. (QS. 41:37).
Maha besar Allah atas kuasanya...

Gerhana bulan terjadi saat sebagian atau keseluruhan penampang bulan tertutup oleh bayangan bumi. Itu terjadi bila bumi berada di antara matahari dan bulan pada satu garis lurus yang sama, sehingga sinar matahari tidak dapat mencapai bulan karena terhalangi oleh bumi. (Klik Wikipedia)

Al Quran : (36) Yaasiin : Ayat 40

Tidaklah mungkin bagi matahari mendapatkan bulan dan malampun tidak dapat mendahului siang. Dan masing-masing beredar pada garis edarnya. (QS. 36:40).

Saat saya menyaksisan indahnya gerhana rembulan itu, saya teringat akan ucapan bapak, yang begini :

ar, kalau kamu melihat keajaiban yang muncul di bumi dan di langit, ucapkanlah Istighfar maksimal 10 kali”

“Astaughfruallah..maha besar Allah atas kuasanya....”

Setelah puas menyaksisan gerhana rembulan, lanjutlah saya dengan makan sahur, untuk bekal di siang hari melaksanakan puasa sunah senin dan kamis. Setelahnya ku melakukan sholat sunah gerhana bulan di mushola terdekat. Sungguh luar biasa, saya sampai tak henti henti nya menitikan air mata atas keagungan yang Allah berikan, atas keajaiban yang Allah perlihatkan kepada manusia di bumi, bahwa segalanya adalah karena Allah.

Al Quran : (31) Luqman : Ayat 29

Tidakkah kamu memperhatikan, bahwa sesungguhnya Allah memasukkan malam ke dalam siang dan memasukkan siang ke dalam malam dan Dia tundukkan matahari dan bulan masing-masing berjalan sampai kepada waktu yang ditentukan, dan sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (QS. 31:29)

Semoga dengan keajaiban semacam ini, kita bisa terus mengingat Asma Allah, dan beristighfar, bahwa semuanya adalah kuasa Allah, Karena Allah. Astaughfiruallah haladzim....

4 komentar:

ikaru22 mengatakan...

waw....... iri aku mba. aku ga bisa liat gerhana. Sudah terlalu lelah dengan aktivitas di siang hari.

Kapan ya ada gerhana lagi??? :D

fonega mengatakan...

aku ga liat, eman :(

ary_dudulz mengatakan...

mba @riksa : waww.. seruwww mba... heheh.. sayangnya gak bisa aku poto.. cz kalopake kamera ponsel hasilnya kecil beud.. hehehe

ary_dudulz mengatakan...

@fonega : yah.. pasti dah ketiduran yaa malam2.. hahaha,,, bener2 luar biasa ^_^