28 September 2011

Penyuluhan Kesehatan Gigi dan Cara menyikat Gigi dengan baik di SD N Pesurungan Lor 02

TIM KKN Universitas Pancasakti Tegal yang KKN di Kelurahan Pesurungan Lor mengadakan Penyuluhan gigi untuk anak SD.

Hal pertama yang kami lakukan adalah mempersiapkan alat peraga gigi ( sudah kami dapatkan dari hasil peminjaman di UPTD SMP 2 Tegal ). kemudian hal kedua adalah memperagakan nyanyian yang kini sedang nge trend di Iklan Tivi yang di promosikan oleh Irgi Ahmad Fahrezi yang berjudul :

Jingle Pepsodent

Aku gigi, mulut rumahku. Agar sehat dan kuat aku harus disikat setiap hari. Sehabis makan dan sebelum tidur dengan pasta gigi berfluoride, makan-makanan bergizi. Dan ingat, setiap 6 bulan sekali datang ke dokter gigi. Sehat selalu, senang rasanya.

Download Video nya : KLIK

Kemudian hal ketiga adalah memberikan simulasi terlebih dahulu kepada seluruh TIM KKN, kemudian melangsungkan praktek menggosok gigi dengan baik.

Hingga pada waktunya, yang sudah di atur pada jadwal kegiatan KKN kami, yaitu pada hari Jumat tanggal 23 September 2011 seluruh TIM di kerahkan untuk langsung mendatangi SD Pesurungan Lor 2 untuk memberikan penyuluhan kesehatan Gigi dan Menggosok gigi yang baik dan benar.

Antusias anak – anak pun sangat menyenangkan, mereka senang, dan bahagia sekali, secara notabene, sekolah yang berlokasi di Kelurahan Pesurungan lor lebih di dominasi oleh anak anak yang kurang begitu di perhatikan kesehatan gigi nya oleh orang tua mereka. Sehingga banyak anak – anak yang mengalami pendarahan pada gusi mereka.

Selain kesehatan gigi, kami juga mengadakan cara menjaga kebersihan lidah, secara bakteri terbesar dalam mulut terletak pada lidah.

Dengan pemberian penyuluhan yang berdurasi 45 menit, anak anak jadi lebih tahu tentang pentingnya menjaga kesehatan gigi dan lidah kita.

1 komentar:

dimdroid mengatakan...

Terimakasih Infonya
sangat bermanfaat..
Perkenalkan saya mahasiswa Fakultas Kedokteran di UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA Yogyakarta
:)