05 Februari 2011

Membuat daftar isi ;D

Begini, saya itu paling lama kalo di suruh membuat daftar isi, dari awal saya kuliah D1 pun daftar isi selalu bagian terakhir yang saya kerjakan, setelah bab demi bab aku selesaikan. Boleh deh dibilang saya gaptek alias gagap teknologi. Eits... kalo memang saya gagap teknologi, mana mungkin saya bisa menjalankan kompi dkk nya, ketak ketik keyborad klak klik mouse. Mungkin lebih tepatnya saya ini agak oot alias oon tolol (woot)

Kembali ke pokok permasalahan, Saya mau menjelaskan tentang kebodohan saya lagi, setelah sekian lama saya berteman dengan kompi dan segala program nya. Jujur ya, saya ini paling benci kalau di suruh menyelesaikan makalah, karna pasti akan ada sub bab yang paling menyebalkan, yaitu daftar isi, you know. because I can't make a table of contens. So sad :(

Dan sekarang harus saya biasakan untuk bisa membuat daftar isi, dan ini lah waktu yang tepat saat saya harus deadline pekerjaan penelitian, yang memang membutuhkan daftar isi dari semua jenis laporan penelitian. Ohh so sad :(

Awal mula saya membuat daftar isi adalah dengan cara manual, maksudnya adalah, selalu dengan tanda (titik) yang ku teruskan sampai akhir. Ini contoh manual yang biasa saya lakukan :

Catatan : Don't Try at Computer... pliss jangan di tiru kebodohan saya dalam pembuatan daftar isi :)). This is an example of manual “key

Semakin hari, saya banyak menemukan hal yang baru, akibatnya rasa penasaran dalam pembuatan daftar isi menjadi - jadi. Sampai bermimpi, kapan ya aku bisa membuat daftar isi secara baik dan benar??

Karna nih di kompi pake open office writer.org so aku kudu penyesuaian dengan windows 2003 or 2007 dalam pembuatan daftar isi.

Key, aku inget betul, sampai juwetnya aku, karna gak bisa bikin daftar isi, aku nanya dengan temen ku dalam pembuatan daftar isi, dan bla bla bla dapat petuah dan tutorial lewat Yahoo Messanger, dan akhirnya ku praktekan langsung di kompi ku “open office.org”. Heheh dan ahaa.. akhirnya ku temukan caranya membuat daftar isi, alhasil, aku gak juwet wet wet sama tugas or makalah apapun, yang disandingkan pada ku, termasuk dalam pengejaran deadline laporan penelitian dosen ini.

Ini contoh pembuatan daftar isi yang benar dan tepat dalam openoffice.org. Cekidot :

Step 1 :

Buka open office writer

Step 2

Tulis Sesuatu pada Open office writer

Step 3

Pilih Format – Paragraph

Step 4

Pilih Tabs

Dan saatnya pengaturan, saya mencontohkan pada position saya beri nilai 6,33″ lalu pada Type saya pilih Right dan pada Fill Character saya pilih ( ……. ), Setelah selesai tekan OK. Check this!!

Step 5

Untuk setiap kata cukup tekan tombol Tab and finish deh.. lihat lah hasil daftar isi ku yang sekarang jadi keren, and gak pake manual lagi. Hehehe

Akhirnya bisa juga ku membuat daftar isi, selamat mencoba, semoga para kaum newbie bisa berlatih membuat daftar isi, yang selama ini masih bingung, and paling lama kalo membuat daftar isi. Semoga bisa terus belajar yah.

Check this hasil daftar isi yang benar dan baik dari saya :

The End :D

^Ary^

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Langkah sederhana tapi pasti. Thanks bro!!!