18 Juli 2010

Cooking Day : Ikan Bumbu Balado

Gambar ambil di : sini

Sebenarnya nih resep Bumbu Balado, aslinya dari luar pulau jawa loh... ya semacam masakan nusantara. Dan resep ini aku dapatkan dari ibu ku, yang bukan asli orang jawa, kalau di tanya tentang masakan nusantara ibu ku jagonya. Dan anehnya yang bisa masak masakan luar jawa cuman aku saja ( * ngalemmmmmm :P ) hahaha... cz kakak ku saja kalau aku yang masakin sampe ketagihan. Yaa jelas lahhh dudul getoeh loeh...:P

Begini ya..sesuai pada hobi saya, karna alasan long holiday, saya berkreasi masak masakan yang macem macem, yang sebelumnya, 'beneran deh' kalau di bilang sering masak jarang sih, bahkan gak pernah sama sekali. Selain tuntutan harus masak dari bapak. Soo.... kalau yang ini bener bener timbul dari niat dalam hati, pengen berkutik di dapur. Hmmm mirip ibu rumah tangga beneran lah. Yaaaaa.. itung itung latihan jadi ibu rumah tangga, menyenangkan suami dan anak anak ku kelak. Wakakakakakakaa.. amien...

Nahhh menu masakan ku kali ini adalah Ikan Bumbu Balado. Hmmmm.. sebenarnya nih menu Masakan Favorit keluarga ku, cz ibu ku kalau masak bumbu balado entah pake daging ayam, atau ikan bandeng, pasti di jamin nyummy... Bisa nasi 1 cepon habis dah. Wakakakakakak.... cz bener2 bikin ketagihan.. nah.. karna aku doyan banget sama yang namanya sambel, sekalian saja bikin menu pilihan, Ikan Bumbu Balado.

Pada dasarnya bumbu balado ini membutuhkan cabe merah yang lumayan “lebih banyak” sedikit, karna bumbu balado inilah yang akan membalut ikan ikan balado, jadi lebih banyak bumbu nya maka lebih enak juga ikan bumbu baladonya. Hmmmm...lalu Ikan Bumbu Balado ini juga membutuhkan lumayan “lebih banyak” sedikit minyak sayur, agar proses pematangan bumbu nya lebih sempurna, jadi bau harum si cabe merah akan terasa. Yaaa semacam sedikit berkuah minyak.

Nah.. ngikutin selera masing masing, terkadang kalau kita bikin sambel kan pengennya yang pedes, tapi manis kan, so untuk bumbu sambel balado ini, sesuai kebiasan, biasanya saya pake gula merah, bukan gula pasir loeh.. cz gula merah ini yang akan bikin cita rasa sambel balado ini semakin pedas dan manis.

Bahan :

Ikan Bandeng ½ kg ( sesuaikan porsi )

Bumbu Sambal :

cabe merah ½ kg

bawang merah ¼ kg

bawang putih 6 siung

tomat 4 buah

minyak sayur

garam

gula merah

Cara membuat :

  1. Siangi ikan, buang insang dan isi perutnya. Taburi dengan garam dan jeruk nipis untuk menghilangkan bau amisnya. Dan goreng hingga “sedikit kering”.

  2. Haluskan semua bumbu. Tumis hingga harum, beri garam dan gula merah secukupnya. Setelah harum, masukan ikan bandeng yang sudah di goreng “sedikit kering”. Aduk pelahan palahan, diamkan 2 menit, hingga bumbu meresap.

  3. Sajikan selagi hangat, dengan nasi hangat.

Tips :

  1. Bisa di tambahkan tahu matang, atau tempe goreng.

  2. Untuk Bumbu Balado ini, bisa menggunakan daging ayam, namun untuk ikan, lebih enak memakai ikan bandeng, karna rasanya yang gurih.

  3. Alangkah baiknya pada saat menggoreng ikan atau daging ayam nantinya, harus kering, agar saat pencampuran bumbu balado dan ikan/ayam balado tidak hancur/remuk saat di aduk dengan bumbu.

Tidak ada komentar: